Saturday, December 26, 2009

Tips Interview HRD



(NaraSumber : Nu'man , A.K.A pengalaman pribadi ^_^)

Saat tahap pertama interview, Hampir 90% manager HRD hanya akan fokus menanyakan hal2 yg sifatnya umum ( ex: pendidikan akhir, tahun lulus, pengalman kerja, alamat, jumlah keluarga,etc ). Sepintas, tahap ini sering dianggap sbg tahap interview yang paling mudah. Dan banyak calon staff yg menganggap remeh, sehingga tidak mempersiapkan diri secara maksimal. Padahal, tahap ini merupakan tahap yang paling menentukan calon staff utk layak DIPANGGIL kembali atau TIDAK. So, berikut tips agar tahap interview pertama kita bisa menarik attention nya manager HRD :) :

Saat Persiapan dirumah :

- Buat daftar list data2 yg ingin dipaparkan saat interview dgn Manager HRD. Klo bisa tulis secara berurutan dr hal yg paling umum (contoh : Nama Lengkap, tgl lahir, jumlah saudara, tempat tinggal, thn lulus , jurusan yg diambil, lamanya pengalaman kerja=> apakah 1 thn, 2 thn, atau X thn, skill yang dimiliki, jumlah sertifikat yg dimiliki).

- Persiapkan data2 tsb dlm bhs Inggris. Krn mayoritas, Kamu akan diminta menjelaskan pribadi kamu dlm bhs inggris.

- Latihlah nada suara dan Emosi Kamu dalam membaca list2 yg sudah dibuat td. Sampaikan dengan suara yg jelas (jangan berbisik), krn dgn berlatih secara lantang maka otak akan terbiasa utk mengontrol kata2 yg akan keluar dr mulut. Sehingga tidak gagap ketika hendak mengucapkan dgn bhs inggris.

- Lakukan di depan kaca (agar kamu bisa sekaligus melatih seluruh gerak-gerik anggota tubuh).

- Dalam menjelaskan data pribadi, usahakan agar terdengar seperti kamu menceritakan sebuah cerpen (Biasanya ini akan membuat interviewer lbh tertarik utk mendengarkan secara penuh).


Saat interview di Kantor :

- Sangat dianjurkan utk Pakai pakaian : lengan panjang bahan dgn warna cerah & terang (putih,cream,hijau muda,biru muda). Krn scr psikologi, warna cerah akan membuat kita terlihat lebih fresh dan segar.

- Saat bertemu manager HDR, ushakan kamu yg lebih dulu mengulurkan tangan untuk berjabatan. Dan saat berjabatan, tatap matanya sambil bilang " Terimakasih ya Pak/ibu, atas kesempatan interview ini ). Kalimat ini memang singkat, tapi ini menunjukkan bahwa Kamu sangat2 senang dgn panggilan interview ini. Jangan lupa untuk senyum :D

- Jangan duduk sebelum dipersilahkan untuk duduk.

- Jangan banyak melakukan gerakan yg tdk penting (garuk2 kepala, lihat kanan kiri, goyang-goyang kursi). Krn semua itu menunjukkan bahwa kamu gugup & tidak siap secara mental.

- Saat tanya Jawab, kamu harus full fokus dan tatap matanya. Jangan sekali2 menunduk ketika menjawab pertanyaan. Krn itu menunjukkan kamu tidak menghargai setiap pertanyaan yg ditujukan kpd kamu.

- Saat ditanya "Apa alasan Kamu sehingga ingin pindah tempat kerja?". Jangan pernah menjawab dgn alasan2 yg subjektif, misal "Saya ingin pindah krn saya tidak suka dgn sifat atasan saya", atau Saya ingin pindah krn saya tidak diperlakukan scr adil oleh atasan", atau "Saya ingin pindah krn tempat kerja saya kecil". Intinya, jangan pernah memberikan jawaban yg menjelek2an/ merendahkan perusahaan kamu sebelumnya.

- Jangan menyebutkan gaji yang kamu inginkan, sebelum ditanya oleh interviewer.

- Saat ditanya "Apa yang kamu tahu ttg perusahaan Kami?", jawablah dgn jawaban yg fakta & bkn mengada2 (info lengkap ttg perusahaan biasanya bisa dilihat di profil perusahaan melalui websitenya).

- Saat kamu diberi kesempatan utk bertanya balik kepada manager HRD, sebisa mungkin kamu menanyakan hal2 yg mewakili keadaan kantor. Misal : "Hari & lamanya jam kerja", "Jumlah staff" (semakin banyak staff, menunjukkan perusahaan semakin bonafit), "Apakah ada kemungkinan utk bisa jd staff permanent?", "Jenis2 fasilitas utk staff"


Semoga tips2 ini bermanfaat dan 100% mujarab. Amin ya robbal Alamin. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Salam Sukses

9 comments:

  1. hmmm,,patut dicoba nih triknya :)

    ReplyDelete
  2. tp alesan untuk keluar jd jwb na apa dun?

    ReplyDelete
  3. Saat ditanya " Apa alasan kamu keluar? ", maka
    salah satu jawaban yang bijak adalah : " Saya ingin lebih bisa berkembang dan lebih bisa menerapkan ilmu2 yang saya dapat di saat training dan masa kuliah saya. Dan saya yakin perusahaan ini dapat menjadikan saya lebih berkembang dan menjadikan saya lebih matang dari sisi skill".

    ReplyDelete
  4. klo bidang yg pekerjaan dgn kuliah berbeda lalu jwb apa?

    ReplyDelete
  5. menurut saya, ssya merupakan pribadi yang menyukai tantangan, disamping itu, ilmu yang saya dapatkan semasa kuliah ialah ilmu dalam mengenbangkan pola pikir saya. (bagaimana kita menghadapi tugas kuliah, bagaimana saya berinteraksi dengan kawan maupun staff kampus, bagaimana saya bersosialisasi dalam organisasi, atau bertangguna jawab atas hidup sendiri karena saya dulu nge-kost).

    mungkin itu pengalaman saya...

    ReplyDelete
  6. sangat membantu sekali mas untuk pengalamannya.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah kalau postingan ini dirasa ada manfaatnya :).

    ReplyDelete

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...