Wednesday, January 27, 2016

5 Cara Ampuh Dalam Mencari Mentor




Dalam hidup, Anda harus berani mengambil satu langkah permulaan yang besar jika ingin memunculkan potensi maksimal dalam pertumbuhan diri. Anda harus meluangkan waktu untuk mencari sesorang yang bisa menjadi contoh atas apa yang ingin dipelajari dan membantu menemukan serta mengaktifkan potensi Anda. Pesan saya, berhati-hatilah ketika memilih seorang mentor yang hendak Anda ikuti karena mereka akan mempengaruhi sebagian bahkan seluruh hidup Anda.
6 Cara di bawah ini akan membantu Anda ketika hendak memilih seorang mentor :

1. Apakah Orang ini Layak untuk Saya Ikuti ?
Pertanyaan ini berhubungan dengan karakter seorang calon mentor Anda. Jika jawabannya tidak benar-benar ya, maka sebaiknya pikirkan kembali apakah Anda sepadan untuk betul-betul belajar darinya.

2. Apakah Kehidupan Orang Ini Ditiru Orang Lain ?
Pertanyaan ini untuk memeriksa kredibilitas seseorang. Sangat mungkin untuk menjadi orang yang pertama dalam menemukan apakah seorang pemimpin ini layak untuk diikuti, namun itu tak sering terjadi.

3. Apakah Kekuatan Utama yang membuat Orang lain mengikuti Orang Ini ?
Seorang mentor yang diikuti pastilah memiliki titik kekuatan. Dan di sisi lain pasti juga memiliki titik kelemahan. Tanyakan pada diri Anda : “ Apa yang bisa saya petik dari orang ini ? Apakah lebih banyak titik kekuatannya, atau sama besar antara kekuatan dan kelemahannya ? “.

4. Apakah Orang ini juga Menghasilkan Pemimpin ?
Jawabannya akan mengatakan pada saya apakah prioritas kepemimpinan orang ini sesuai dengan prioritas saya untuk mengembangkan pemimpin yang baru.

5. Jika Demikian, Bagaimana Cara mengembangkan Dan Menunjukkannya ?
Anda harus menyusun rencana tindakan. Jika Anda hanya menjawab pertanyaan dan tidak pernah menerapkan rencana untuk mengembangkan kekuatan dalam diri Anda, Anda hanya akan melatih intelektual Anda.

Menginjak usia saya yang ke 30, sudah ada 18 mentor yang sangat berpengaruh bagi perkembangan karir dan pertumbuhan pola pikir saya. 6 dari mereka merupakan mentor di dunia profesional ( dunia karir dan pekerjaan ), sementara ada 12 mentor yang mengajarkan saya tentang hidup.
Usahakan bagi Anda untuk bisa segera menemukan mentor, dan mendefinisikan tentang apa saja bidang-bidang pengaruh mereka. Dengan begitu, Anda tidak hanya terlatih untuk bisa mengkategorikan spesialisasi mereka namun juga melatih fokus Anda untuk mengembangkan pertumbuhan di titik-titik keahliaan tertentu.

No comments:

Post a Comment

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...