Tuesday, February 16, 2016

Tokoh Yang Membuat Saya Semakin Yakin Akan Hebatnya Sebuah " Impian Terdalam " !


Sebagai pemuda yang dilahirkan di era Informasi dan tumbuh dewasa di tahun millenium, rasa-rasanya wajar jika hanya mengagumi sosok Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang kaya raya dan dermawan.

Di saat tak sengaja membaca kisah seorang Henry Ford, kekaguman saya akan seorang tokoh revolusioner ini semakin bertambah dan menjadikan pondasi yang amat kokoh bahwa " kekuatan Impian " mampu mengalahkan segala rintangan.

Di kesempatan kali ini, saya akan menceritakan kembali kisah hidup Henry Ford secara garis besar tanpa mengurangi momen-momen penting dalam hidupnya.

Henry Ford adalah seorang yang memiliki impian sangat besar. Ia menyatakan “ Rahasia kehidupan yang sukses adalah menemukan untuk tugas apakah Anda dilahirkan, lalu mengerjakannya. “

Impian Ford bertumbuh dari ketertarikannya dalam segala hal yang bersifat mekanis. Sejak masih kecil Ford sangat tertarik untuk mempelajari dan mengutak-atik mesin. Ia mengajari dirinya sendiri mengenai mesin uap, jam , dan mesin pembakaran. Ia bepergian ke pinggiran kota untuk melakukan reparasi tanpa menerima bayaran sehingga dengan demikian ia bisa mengutak-atik mesin. Ia menjadi montir dan tukang jam. Ia bahkan bekerja sebagai insinyur untuk Detroit Edison Company pada malam hari.

Ford menjadi sangat tertarik dengan konsep mobil dan ia mencurahkan perhatiannya lebih banyak lagi pada hal ini. Pada tahun 1986, ia membuat mobil pertamanya dalam sebuah gudang di belakang rumahnya. Setelah itu ia terus memikirkan cara untuk memperbaiki usaha pertamanya. Ia mempelajari pekerjaan pembuat mobil lainnya, termasuk pekerjaan Ransom E. Olds, yang membuat Oldsmobile pertama pada tahun 1900.

Dari kecintaannya pada mesin dan intrik selama berkembangnya mobil, impian Ford pun bertumbuh : menciptakan mobil yang tidak mahal dan bisa diproduksi secara massal. Hingga saat itu, kereta jenis baru yang tidak lagi ditarik oleh kuda adalah barang yang sangat mahal. Kendaraan ini hanya bisa dibeli oleh orang kaya saja. Namun Ford berketetapan agar mobil bisa dimiliki oleh orang yang biasa-biasa saja.

Pada tahun 1899 ia membantu di Detroit Motor Company. Ketika atasannya menertawakan idenya mengenai memproduksi produk mereka dengan harga yang tidak mahal sehingga bisa dijual pada orang banyak, ia meninggalkan perusahaan itu. Ia memegang teguh impiannya. Usahanya pun akhirnya membuahkan hasil.

Pada tahun 1903, ia mendirikan The Ford Motor Company dan mulai memproduksi Model T. Pada tahun pertama, perusahaannya hanya memrpoduksi kurang dari 6.000 unit mobil. Namun delapan tahun kemudian, mereka memproduksi lebih dari 500.000 unit. Mereka juga berhasil megurangi harga jual awal mereka dari $850 menjadi $360.

Impian Ford pun menjadi realita. Ford telah disebut sebagai orang jenius dan berhasil menciptakan konsep lini perakitan dan produksi massal. Namun, apapun yang terjadi, aset terbesarnya adalah impiannya dan kesediaannya untuk mencurahkan diri pada impian itu.
Impian bisa mewujudkan banyak hal bagi kita.

No comments:

Post a Comment

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...