Monday, December 28, 2009

Tips Cara Nego Gaji



(NaraSumber : Nu'man, A.K.A Pengalaman pribadi ^_^)

Biasanya, Nego Gaji baru akan dibahas ketika sdh masuk tahap final interview. Disini, pihak interviewer akan menyesuaikan jumlah besaran gaji berdasarkan pengalaman & skill kamu. Tapi ga jarang, sebelum mereka mematok gaji kamu, biasanya mereka akan bertanya ke kamu "Berapa Gaji yg kamu harapkan dr perusahaan kami?". Moment inilah yg biasa saya sebut sebagai moment Sakral. Krn jika salah sebut, maka resiko yg akan kamu hadapi ada 2 macam yaitu : Gaji yg diminta terlalu besar (sehingga tdk akan diterima), atau Gaji yg kamu minta terlalu kecil (Sehingga kamu akan protes / tdk betah kerja setelah tahu bahwa teman seangkatan dikantor baru mendapatkan gaji yg lebih besar). Berikut tips2 agar Nego Gaji kamu tepat dan berhasil (semoga :D ) :

1. Di awal interview, kamu sudah hrs tau apakah perusahaan tersebut milik lokal atau asing??. Jika perusahaan asing, maka kamu jangan takut untuk meminta besaran gaji diatas standar gaji perusahaan lokal (utk posisi yg sama yah).
contoh : seorang staff IT helpdesk di perusahaan lokal dgn pengalaman 2 tahun digaji Rp.2.500.000 . Maka jika kamu punya pengalaman yg sama (2 tahun) dan melamar di perusahaan asing, jangan takut untuk minta gaji 20-25% lebih besar. Karena perusahaan asing biasanya mengambil patokan kurs dollar. Ini berlaku untuk perusaah asing Eropa. Dan untuk perusaahaan Asing Asia, biasanya mengambil patokan dr mata uang negara masing2 (Ex : Yen, Won).

2. Sehari sebelum interview tahap akhir, sebisa mungkin perbanyak "googling" mengenai standar gaji yg kamu lamar. Ini untuk mengantisipasi permintaan gaji kamu agar tetap dalam koridor "Wajar".

3. Jika tidak sempat googling, tanyakan ke teman2 kamu yg pernah mengisi posisi kerjaan yg sama. Bertukar pikiranlah dengan senior2 jika memungkinkan.


Banyak yang menganggap bahwa bertukar pikiran mengenai besaran gaji adalah Hal yg TABU. Tapi jika tujuan kamu bukan untuk SHOW OFF dan bukan untuk ajang menyombongkan diri, insyaAllah teman kamupun tak akan sungkan untuk share pengalamannya :) . Pepatah bilang, "semua tergantung Niat" :D

2 comments:

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...