Wednesday, January 6, 2010

Ingin Sukses di Usia muda, jangan "cengeng"


( Narasumber : Nu'man Faqih A.K.A Pengalaman Pribadi ^_^)


Betapa beruntungnya kamu, jika usia belum genap 23 tahun tetapi sudah merasakan indahnya dunia kerja. Mengapa saya katakan "indahnya dunia kerja"?? Karena kamu akan mendapatkan banyak hal & ilmu baru di dunia kerja, yang tak ada di dunia perkuliahan. Buat kamu yang belum mengecap dunia kerja saat usia mendekati 23, jangan khawatir. Karena bisa jadi kamu menyimpan banyak skill / keahlian non formal yang didapat dari kursus2 serta training. Satu hal yang masih kamu tunggu adalah "panggilan interview". Ini hanya masalah waktu saja, & biarkanlah mengalir. Kita harus yakin, bahwa Allah memiliki rencana indah di setiap perjalanan hidup kita.

Saat kamu sudah berada dilingkaran "dunia kerja", saat itu pula moment "SUKSES" sudah mendekati kamu. Mengapa?? Karena saat itu, "orang luar" sudah menganggap kamu mampu mengerjakan hal2 yang bisa menguntungkan perusahaan mereka. Ini adalah point lebih kamu. Perlu diingat, moment "sukses" bukan dilihat dari besarnya gaji perbulan kamu. Tapi moment "sukses" dilihat dari besarnya ilmu / skill yang dapat kamu serap dalam kurun waktu yang singkat. Sudah merupakan hal yang lumrah, jika kamu "Fresh Graduate" maka akan menerima gaji dgn grade "level pemula". Jangan pernah mengeluh!!. Karena di luar sana, ada banyak orang yang iri pada kamu. Mereka iri krn belum mendapatkan kesempatan utk terjun di dunia kerja. Maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah "BERSYUKUR". Bersyukur krn memiliki kesempatan untuk bekerja. Bersyukur karena mendapatkan posisi di tengah2 masyarakat. Apakah cukup dengan hanya "bersyukur"??? tentu tidak. Karena jika kamu cepat puas, dan hanya bertahan di titik "bersyukur", maka kesempatan untuk sukses di usia muda sangatlah sulit (bukan tidak mungkin, hanya saja butuh proses yang lebih lama).

Faktor utama "sukses" bukanlah dari IQ yang tinggi / tingkat kepandaian. Faktor penentu kesuksesan yang paling utama adalah "Kemauan" / "keinginan". Yang dimaksud dengan "Kemauan" adalah Hasrat untuk mengetahui hal positif baru yang terjadi disekitar kita. Apapun itu!!. Terutama yang menyangkut pekerjaan kita di kantor. Semakin besar "Kemauan" kamu untuk mempelajari hal2 baru, secara tak langsung "kemauan" ini akan mendorong spirit baru dalam diri kamu, yaitu " Semangat". Dengan adanya "kemauan" & "Semangat", maka perjalanan kamu dalam meraih "Sukses" akan semakin mudah. Dengan adanya "Kemauan" dan "semangat", tubuh tidak akan dimanjakan dengan perasaan "Cepat puas". Ingatlah, "Pelaut tangguh bukan lahir dari laut yang tenang, melainkan lahir dari laut yang penuh ombak besar dan bergelombang".

Berbanggalah kamu, jika di usia muda sudah mendapatkan kepercayaan untuk menangani banyak pekerjaan dikantor. Beberapa dari kita (termasuk saya dulu), sering mengeluh dan komplain ketika diberikan pekerjaan yang tidak termasuk dalam jobdesk sehari2. Dalam kasus saya, saat itu saya menganggap bahwa pekerjaan harian yang saya terima (di luar jobdesk), merupakan suatu petaka. Amat menderitanya saya jika tidak bisa bebas browsing / chatting krn harus fokus mengerjakan pekerjaan yg bukan bagian dr jobdesk. Namun belakangan saya sadar, bahwa jobdesk baru tersebut merupakan ilmu baru untuk saya di masa mendatang. Tanpa sadar, saya telah dipaksa untuk mempelajari sesuatu secara bertahap dan terus bertambah ketika saya sudah menguasainya.

"Jangan jadi Cengeng"!!!. Jangan seperti saya ketika 6 bulan yang lalu masih menganggap bahwa tugas2 baru merupakan awal dari petaka. Itu salah TOTAL!!. Karena motto yang benar adalah, "tugas2 baru merupakan awal dari kesuksesan ". Saat ini, relakanlah keringat kamu mengucur lebih banyak. Karena dari keringat itu, akan kamu petik hasil positif yang tak pernah terbayang sekarang. Tak ada kesuksesan yang diraih dengan berjalan di tempat (tanpa keringat). Tapi kesuksesan sejati di raih dengan berlari sprint (keringat mengucur).

SEMANGAT SEMANGAT SEMANGAT :D

Semoga tulisan ini dapat memberikan motivasi & semangat baru bagi pembaca. Mohon maaf apabila masih ada kekurangan dalam tulisan2 ini. :)

8 comments:

  1. MANTAP mas numan, likes this, ^^

    terusin ngePosting ya, ^^

    ReplyDelete
  2. waduuuuh klo mau sukses di usia muda, jangan pake jam kerja buat update blog,
    heheheheh :P

    ReplyDelete
  3. @Lotus : Salah satu cara utk nge-refresh otak saat sedang di kantor, ya update blog :D . toh blog yg aku tulis jg berhubungan dgn pengalaman dan sharing ilmu. Jadi, ya ada positifnya kaan? :))

    ReplyDelete
  4. yup.. oke juga isi blog nya.. ^_^

    tapi kalo menurut saya mah, orang yang sukses itu "Don't just work hard but work smart"...

    demikian sekilas inpoOh... (",)

    ReplyDelete
  5. Setuju.. :)
    - dari "Work Hard", akan menghasilkan pertambahan skill dan pengalaman di lapangan..
    - dari "Work Smart", kita akan menghasilkan keputusan yang selalu tepat sasaran & efektif dlm mengambil tindakan.

    terimakasih ya masukannya ^_^

    ReplyDelete
  6. good...good... kata2 sederhana tp memotivasi :D

    ReplyDelete

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...