Monday, January 4, 2010

Tips Mengatasi Bos yang Tempramental A.K.A Galaks


Narasumber : Nu'man Faqih A.K.A Pengalaman Pribadi ^_^)


Beberapa diantara kamu mungkin pernah / sedang mengalami hal seperti ini di dunia kerja. Di mana atasan kamu selalu menuntut kinerja yang baik, bahkan cenderung perfectionist (tidak mentolerir kesalahan2 kecil apapun). Dan apabila kamu melakukan kesalahan2, tak jarang bosmu langsung menegurmu dgn cara yang mungkin agak membuatmu tidak nyaman (teguran kasar, nada teguran tinggi, agak marah2). Ada sebagian staff mengakhiri moment ini dengan mengajukan permohonan resign. Percayalah, ini bukan solusi terbaik. Mengapa? karena tidak menjadi jaminan bahwa jika kamu pindah kerja, kamu tidak akan menghadapi tipe org yg seperti ini. Berikut tips2 agar kamu bisa meminimalisir "tempramen" Bosmu dan mencoba mengurangi kesalahan2 dalam pekerjaan sehari2 :

1. Tulislah susunan pekerjaan rutin kamu sehari2 dlm secarik kertas, kemudian tempelkan di meja kerja / di PC kamu. Apa tujuannya? ini untuk memastikan bahwa setiap harinya, kamu selalu melakukan pekerjaan secara terinci dan tersusun. Dan untuk memastikan pula, bahwa tidak ada pekerjaan yang terlewat dalam satu hari kerja.

2. Jika Bosmu termasuk orang yang detil, kamu harus mencari tahu "Informasi apa saja yang dia butuhkan dalam setiap laporan yg kamu buat". Jangan sampai ada detail yang terlewat.

3. Jika ternyata kamu masih melakukan kesalahan dan bosmu marah, langkah pertama adalah Jangan pernah mencoba untuk berkilah dgn alasan2 apapun. Percayalah, ini hanya akan membuat bosmu makin marah, & makin tidak respect terhadapmu. Secara mayoritas, bos yang memiliki tempramen tinggi, biasanya tidak memandang lingkungan sekitar ketika sdg marah. Contoh : Dia akan memarahimu dgn nada suara tinggi, meski di sekitarmu ada banyak staff lain yg sedang bekerja. Hal yang perlu kamu lakukan adalah :
- Saat Bos sedang marah, jangan kamu sela pembicaraannya. Kamu cukup diam dan tatap matanya dengan tatapan yang lembut ( yang menunjukkan sedikit penyesalan atas kesalahan kamu ). Jika perlu, sekali2 kamu menundukan kepala.
- Saat Bosmu bertanya " Knp bisa sampai salah begini?? / Knp bisa sampai kamu lupa?? " , maka jawaban yang paling bijak adalah : " Maaf pak / ibu, saya memang salah ".Kemudian sebutkan kesalahan2 yg kamu telah lakukan. Jangan pernah melawan dgn statement2 yang menggambarkan bahwa kamu tidak mau disalahkan.

4. Biasanya, bos yang tempramental itu hanya marah dalam periode waktu yang singkat / sesaat. Sesuai pengalaman, bos yang berwatak galak / cepat marah adalah bos yang cepat pula berubah mood nya menjadi baik :). Pada intinya, bos yang tempramental itu sesungguhnya memiliki hati yang baik. Hanya saja, dia tidak bisa mengontrol emosinya ketika sedang marah. Dan biasanya, di titik tertentu, dia akan merasakan penyesalan atas apa yang telah dia lakukan thd anak buahnya. Dan di situlah terjadi titik kulminasi, dimana dia akan berusaha untuk berbuat baik thdmu. Dengan catatan, jika kamu tidak melawan perintah dia A.K.A tidak Bandel :)


Semoga Tips yang saya berikan ini bermanfaat dan Mujarab. Amin :D

2 comments:

  1. Untungnya gw punya boss kaga galak.hahahahahaha,,
    anyeay, tankyu boss inputannya.,

    ReplyDelete

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...