Monday, January 18, 2010

Hadiah "terbaik" Dari Bentuk Cinta Kita kepada Ibu & Ayah


(Narasumber : Nu'man Faqih A.K.A Pengalaman Pribadi ^_^)

Sebagian dari kita, banyak yang menganggap bahwa hal yang bisa membuat bangga org tua adalah kekayaan yang kita miliki ( mobil, rumah, uang ). Itu memang bisa membuat org tua kita bangga, namun itu bukanlah yang utama. Ketika kita dilahirkan, harapan org tua hanyalah sederhana. "Semoga anakku menjadi org yg berguna & taat ibadah". Mereka dengan rela ikhlas merawat kita sampai sedewasa sekarang. Diantara kita mungkin ada yang masih bingung, "bagaimana saya harus membalas kebaikan mereka?". Sesungguhnya, sampai kapanpun kita takkan pernah bisa membayar / menggantikan jasa-jasa mereka.TAKKAN PERNAH BISA. Mereka akan sangat bangga kepada kita, bilamana kita dicap sebagai orang yang Berguna & bermanfaat di "Masayarakat".

Di kesempatan ini, saya ingin memberikan beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat orang tua kita bahagia memiliki anak seperti kita (Insya Allah). Langkah-langkah tersebut adalah :

1. Bagi yang sudah bekerja, alangkah baiknya apabila 1/3 dr gaji perbulan kamu, dihadiahkan untuk orang tua ( minimal 1/3 ). Hadiah ini sebagai bentuk tanda terimakasih kamu terhadap mereka yang sudah ikhlas mendo'akan kamu saat masih mencari pekerjaan di masa lalu.

2. Rayakan moment-moment penting orang tua kamu sesuai kesenangan & keinginan mereka. Misal : Traktir mereka makan ketika ayah / ibu ulang tahun. Atau membelikan sesuatu yang mereka sukai. Tak perlu mahal untuk merayakan moment-moment penting mereka. Karena orang tua tak menilai sesuatu dari harganya, tapi menilai dari niat kamu yang sudah ikhlas memberikan sesuatu bagi mereka. Hal ini kamu lakukan sebagai bentuk cinta kamu pada mereka, sehingga selalu ingat tanggal2 penting mereka.

3. Sedekahkan sebagian rezeki kamu, yang diniatkan pahalanya untuk kedua orang tua. Ini akan sangat bermanfaat untuk kebahagiaan mereka di akhirat nanti.

4. Jika mampu (untuk kaum muslimin), wakafkanlah "sesuatu" untuk mereka sesuai kesanggupanmu. Contoh : kamu bisa menyumbang karpet untuk musholla/ masjid, sumbang sajadah atau cat tembok untuk masjid. Bisa juga menyumbang al-qur'an untuk kepentingan pengajian masjid. Percayalah, selama benda itu masih berguna dan bermanfaat, maka pahala akan terus mengalir untuk orang yang kamu kehendaki (dalam hal ini orang tua ).

5. Saat orang tua kita beranjak usia lanjut (di atas 49 tahun), rata2 watak mereka akan kembali seperti anak kecil ( Cepat ngambek, mudah tersinggung, Sensitif ). Ini hal yang lumrah terjadi, karena pakar psikolog pun mengatakan demikian. Di saat seperti ini, kamu sebaiknya lebih peka akan hal-hal yang bisa membuat mereka senang ataupun sebaliknya. Manjakan mereka dengan hal-hal yang membuat mereka senang, dan hindari hal-hal yang bisa membuat mereka marah. Intinya, pintar-pintarlah kamu memperlakukan mereka. Karena saat itu, merekalah yang butuh perhatianmu.

Jika kamu selalu memuliakan orang tua semasa hidupmu, Insya Allah kamu pun akan dimuliakan oleh keturunanmu kelak. Karena sesungguhnya Allah maha Adil bagi umatnya. Latihlah dari sekarang untuk selalu membuat mereka senang, meski hanya melakukan hal yang simple ( selalu cium tangan ketika hendak pergi, tak sungkan untuk merangkul dan menggandeng mereka ketika di tempat umum, selalu memohon do'a restu mereka dalam hal karir, & jodoh ).

1 comment:

  1. Setelah m’baca tips diatas, saya jd teringat kpd seseorang yg selalu dgn tulus mau rela b’korban demi anak-anaknya..Tiap pagi dgn wajah berseri-seri, dgn perasaan bangga dan terharu dia mengendarai si manis “vespa” kesayangannya utk mengantar dan menjemputku dari kantor.. Dia tdk pernah minta apa2 kpd ku, dan jika kubelikan sesuatu baik itu makanan atau barang kesukaannya dia selalu menolak,.. sampai akhirnya aku tahu alasan mengapa dia bersikap demikian, karena “sesungguhnya yg membuat kedua orang tua kita bangga adalah “ketika kita dpt menjaga nama baik mereka, menjadi org yg sukses dan menjadi anak yg sholeh utk mereka” itu sdh cukup membuat bangga kedua org tua kita.. Itulah yg selalu dikatakan oleh kedua org tua saya kepada saya.. ^_^nice inpoOh...

    ReplyDelete

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...