Wednesday, December 30, 2009

Tips Agar Betah Kerja Di Kantor



(Narasumber : Nu'man Faqih, A.K.A Pengalaman Pribadi ^_^ )

Tips yang akan saya berikan kali ini adalah menjelaskan tahap2 agar kamu bisa betah utk kerja di perusahaanmu. Berikut ini tahap2nya :

1. Saat hari pertama memasuki kantor baru, biasanya saya sebut dgn "SHOCKING MOMENT". Karena saat itu, kamu bener2 buta akan lingkungan sekitar tempat dudukmu. Tidak mengenal siapapun, tidak tau hrs berbuat apa ketika baru duduk, bahkan masih mencari2 tau siapa saja yg akan menjadi partnermu di satu divisi. Biasanya org yg paling pertama kamu kenal adalah Managermu. Saat2 "SHOCKING MOMENT" ini bisa berlangsung sampai 1 minggu, sampai kamu bener2 bisa mengetahui semua nama staff yg seruangan dgnmu.

2. Tahap kedua biasa saya sebut, " I'am is Me, & who are They? ". di tahap ini, kamu perlu untuk mengenal org2 sekelilingmu lebih mendalam, terutama bossmu (kebiasaan, & sifat2nya). Ini penting demi menjaga hubungan baik kamu dgn mereka. Contoh : Utk mereka yg memiliki sifat serius, jangan pernah bergurau dgn menggunakan cara2 yg konyol. Krn mereka sangat tdk menyukai hal itu. Sebaliknya, jika ada diantara mereka yg punya sifat humoris, akan tdk bermasalah jika bercanda dgn cara2 yg konyol (bahkan mereka menyukai itu). Tahap ini membutuhkan waktu sekitar 1-2 bulan.

3. Tahap ketiga saya sebut sebagai " Inspiring Time ". Tahap ini membutuhkan sedikit usaha & kesabaran. Yang perlu kamu lakukan adalah dekati senior kamu (satu divisi / department), utk lebih banyak mengetahui ilmu2 baru yang berhubungan dgn jobdesk kamu. Percayalah, langkah ini akan sekaligus memberikan 3 nilai lebih untuk kamu, yaitu :
a.) ilmu yang bertambah, sehingga kamu akan sangat mudah utk menjalankan pekerjaan sehari2
b.) Atasan kamu (manager / senior) akan menaruh respect kpdmu, krn melihat kesungguhan kamu utk mencari tau hal2 yg baru. & secara tdk langsung, mereka akan merasa sangat dihormati krn usahamu mendekati mereka dalam hal mencari ilmu baru.
c.) Usaha ini bisa memperluas hubungan kamu dgn atasan. Bukan hanya sebatas sbg hubungan Atasan-Bawahan, melainkan sdh menjadi hubungan Guru-Murid atau bahkan "Sahabat" di luar kantor :)

4. Tahap yang terakhir, saya sebut sbg " We are Big Family". Di dalam menjalin hubungan kerja antar sesama staff dalam suatu perusahaan, tak jarang terjadi percikan2 konflik. Dan ini umumnya sangat mengganggu Mood kerja kamu. Hal yang paling mudah utk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan 2I ( Introspeksi,& Inisiatif ). Saat terjadi konflik, segeralah kamu introspeksi. Apa yang membuat ini sampai terjadi???. Apakah krn kesalahanmu?, atau kesalahan Dia?. Jika kesalahanmu, segeralah meminta maaf secara langsung (jangan melalui YM,atau email). Jika kamu tidak merasa salah, ada baiknya kamu yg punya "inisiatif" terlebih dahulu. Caranya??? datangi dia saat sedang tdk sibuk. Usahakan bicara 4 mata, & tanyakan scr baik2 knp sampe ada masalah seperti ini??." Kira2 saya salah di bagian mananya? "



Semoga tips2 ini bermanfaat dan 100% mujarab. Amin ya robbal Alamin. Mohon maaf apabila ada kekurangan. Salam Sukses

12 comments:

  1. Man, gimana kalo boss nya kaya boss ente sendiri? Yg impossible untuk dimengerti... Sebulan duabulan, ada yang 2 tahun lebih juga gak ngerti2... gimana tuuuu? =))

    ReplyDelete
  2. @ Anto : Terimakasih :)
    @ Bung Anonim : Memang tak dapat dipungkiri, bahwa watak seseorang sudah sulit utk berubah jika berusia diatas 40 taun. Mau ga mau, kita yang harus mengerti dia. Klo istilah kasarnya : " Anggap aja teguran / omelan dia itu angin lalu ".hehehehehehe...

    ReplyDelete
  3. Bang Nu'man: benar juga ya. Jadi kita harus cari perusahaan dimana atasan kita yang kurang dari 40 tahun umurnya. Setuju...?!

    ReplyDelete
  4. @Anonim : ini siapa ya??jangan pake "Bang".hehehe,,Klo harus nyari atasan yg dibawah umur 40, kayanya susah banget. Krn rata2 usia manager itu diatas 40. btw, ga semua atasan itu berwatak negatif. Dan dibalik wataknya yang sulit utk diterima bawahan, biasanya ada sedikit sisi positifnya. Sebaiknya kita coba ambil sisi positifnya aja. Klo ternyata ga ada sisi positifnya juga, saya hanya bisa bilang " Ambil ilmu sebanyak2nya di perusahaan tsb. Dan apabila sdh merasa cukup banyak, segeralah pindah ke company yg lbh baik." :D

    ReplyDelete
  5. Kak Nu'man: Waduh, kalo gitu ujung2nya nyari tempat yang lebih baik dong, nggak berusaha menjadi betah ditempat yang ada.

    ReplyDelete
  6. @Anonim : Yup, memang ujung2nya hrs cari tempat yg lbh baik :). jika kondisinya, atasan kita TETAP berwatak Batu & tidak mau menerima pendapat2 kita, setelah kita berusaha maksimal utk mencoba "mengerti dia". Kalau sampai bgitu keadaannya, pilihan kita hanya dua : "Stuck ditempat yang tidak bisa bikin kita berkembang", atau "Segera pindah setelah mendapatkan cukup pengalaman utk masa depan yg lebih baik" . Dgn catatan, setelah dapat tempat yg lebih baik, bertahanlah disana :D..

    ReplyDelete
  7. Kalo lagi bosen n ga betah dikantor mesti gimana?
    huehehe

    ReplyDelete
  8. kalo menurut saya, salah satu tips buat betah dikantor itu adalah "internet"... based on my experience, ada bbrp kantor yg gak ngebolehin karyawannya buka internet pd saat jam kerja.. :(hiks
    soalnya gak bisa fesbukkan siii...:p

    *anyway, thank's a bunch for your inpoOh... (",)

    ReplyDelete
  9. @Anonim : ada perbedaan persepsi di sini. Klo ga bisa internetan, pasti ga bisa FB-an. Tp klo ga bisa FB-an, blm tentu ga bisa internet-an. :) mereka punya alasan sendiri knp FB di blok disaat jam kerja (sgt disayangkan yah)..Tapi selama masih bisa connect internet, kita bisa alihin fokus kita ke hal yg lain jikalau mau refresh otak (bisa YM, imo, nge-blog, baca berita ) :)

    ReplyDelete
  10. @Giselle : kirain sape,gataunya nyonya laras :p

    ReplyDelete

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...