Wednesday, January 13, 2010

Gajiku Bukan Aku


Terinspirasi dari Mario Teguh ( Episode tgl 10 Jan 2010 )

Syukur Alhamdulillah, Allah kasih saya kesempatan untuk bisa nyaksiin acara ini yang kebetulan topiknya amat sangat membangun semangat baru dalam dunia kerja. Dan semoga tips2 yang saya kutip dr beliau bisa membuat pembaca juga memiliki semangat baru dalam mencapai tujuan karirnya. Amin. Saat menyaksikan episode ini, saya baru mengetahui bahwa kesuksesan & kekayaan yang diraih Mario Teguh saat ini bukanlah karena faktor warisan atau keberuntungan, melainkan didapat dari proses yang bertahap.

Mungkin diantara pembaca, ada yang saat ini belum merasa nyaman dengan kondisi kerjanya. Mungkin ada yang merasa gajinya masih kurang, atau masih merasa jabatan yang diembannya masih belum ada kemajuan. Satu kalimat ampuh yang disampaikan mario teguh adalah : "Kita harus meyakini dalam diri, bahwa keadaan ini hanya SEMENTARA". Prinsip seperti inilah yang akhirnya membuat kamu semakin semangat untuk menggali terus potensi yang ada. Semakin yakin akan ke-SEMENTARA-an ini, maka kamu akan semakin PEDE bahwa tak berapa lama lagi, karirmu akan lompat ke tahap yang lebih tinggi. Tentunya hrs diiringi dengan kerja keras, optimis, dan do'a.

Ada 3 tahap yang harus dilalui kamu untuk mendapatkan kesuksesan sejati (menurut Mario Teguh), yaitu :

1. Kesejahteraan : dgn kondisi hati yg sejahtera, kamu akan lebih mudah utk fokus ke satu tujuan.
2. Kebahagiaan : dgn kebahagiaan, kamu akan selalu puas dgn hasil kinerja kamu & selalu optimis.
3. Kecemerlangan : Inilah tahap akhir yang kamu dapat dr hasil kerja keras & pengalaman2 dlm karir.
Setelah kamu memenuhi 3 unsur di atas,percayalah bahwa "sukses" sudah di depan mata. Tapi bukan berarti kita harus puas sampai di sini. "Rasa untuk tetap ingin lebih Maju" harus terus tertanam dalam diri kamu. Sehingga kamu tidak akan stuck di satu titik.

Berikut ini nasihat2 dr Mario teguh yang amat menginspirasi saya dalam semangat bekerja dan terus semangat dlm mencari posisi pekerjaan yang lebih baik :D

1. "jika anda ingin memiliki harga diri, hargai potensi Anda"
Banyak diantara kita, ketika sedang dalam tahap nego gaji dgn pihak HRD dalam suatu perusahaan, merasa tidak PEDE utk menyebutkan nilai gaji yang kita inginkan. Jika ini terus dibiarkan, percayalah bahwa kamu tidak akan bisa dipandang sebagai org yang "berpotensi". Karena sesungguhnya, orang yang PEDE / optimis dgn kemampuannya, dia tidak akan malu atau ragu untuk menyebutkan "Harga" tenaganya kpd pihak interviewer. Dengan adanya "keyakinan" kamu dalam menentukan besaran nilai gaji, maka pihak HRD pun akan semakin bisa melihat kepercayaan diri yang kamu punya. Dan biasanya mereka tidak akan berani untuk menurunkan penawaran kamu terlalu rendah.

2. "Orang yg melihat potensinya, tidak akan pernah minder"
Ketika kamu mendapatkan penghargaan dari atasan / rekan kerja atas kinerja kamu di kantor, sesungguhnya saat itulah "POTENSI" kamu sudah benar-benar kelihatan. Karena terbukti menguntungkan bagi perusahaan. Inilah moment dimana kamu boleh merasakan senang atas pencapaian yang selama ini kamu kejar. Boleh berpuas diri untuk sejenak. Nikmatilah moment itu :) Namun demikian, kamu harus mempunyai GOAL baru dalam karir, yaitu "promosi". Ini sesungguhnya hanya masalah waktu saja. Meskipun kamu hanya menjabat sebagai staff biasa / staff Junior, jangan pernah MINDER. karena itu semua hanya "SEMENTARA".


Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk pembacanya, Amin :D

3 comments:

Temukan " NmN " di Usia 26 Tahun,. Saya MALU !!!

Ketika kami memutuskan menikah di 2012, saya membebaskan segala kegiatan positif istri dengan hanya mengajukan satu syarat saja : “ please, ...